Rabu, 24 Juli 2013

Pengertian BSoD (Blue Screen of Death) dan Pesan-Pesannya

BSoD, adalah notifikasi atau pesan Error yang muncul pada sistem operasi Windows ketika terjadi suatu kegagalan sistem yang tidak bisa di recover.

contoh gambar BSOD

Sebenarnya, terdapat dua pesan kesalahan yang terdapat pada Windows. Yaitu Blue Screen of Death dan Black Screen of Death. Tapi, para pengguna OS Windows sering menjumpai si Blue Screen. Saya akan memberikan pesan-pesan BSoD (Blue Screen of Death) yang sering dijumpai. Berikut pesan-pesan BSoD yang sering dijumpai pengguna OS Windows :

ERROR CODE BSOD / Bluescreen:
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya biang kerok pada BsOD. Kenapa? Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.

Daftar Penyebab:
[+] Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
[+] Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
[+] Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.


3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
[+] Overclock Hardware yang berlebihan
[+] Komponen komputer yang kepanasan
[+] BIOS yang korup
[+] Memory dan CPU yang cacat


4. DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.


5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)


6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.


7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.


8. BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.


9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM


10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.


Okeh, berlanjut pada cara penanggulangannya :

Apabila yang menyebabkan BSoD adalah driver yang rusak atau salah, maka anda harus meng-uninstal driver tersebut. Biasanya hal ini terjadi ketika anda sedang menginstal driver untuk sebuah hardware. Jadi, usahakan pada saat menginstal suatu hardware, sebaiknya uninstal dahulu driver hardware yang lama.

Usahakan pada saat instalasi suatu driver harus dengan sempurna. Biasanya BSoD terjadi pada saat instalasi driver lalu terjadi mati lampu atau konslet. Jadi, anda harus menginstal ulang lagi driver hardware tersebut.

Jika yang menyebabkan BSoD adalah partisi harddisk yang rusak, anda bisa memeriksa kabel PATA atau SATA pada harddisk. Lalu lakukan partisi ulang pada harddisk. Tapi sebelumnya, apabila terdapat data yang bisa diselamatkan, sebaiknya selamatkan dulu data-data anda lalu lakukan partisi ulang.

Jika pesan BSoD disebabkan oleh hardware yang panas atau over-heat, anda bisa memberikan kipas/fan tambahan pada CPU. Atau dengan menempatkan PC pada tempat yang tidak terlalu panas.

Jika BSoD disebabkan oleh software, sebaiknya anda menginstal ulang komputer anda.
Sebaiknya kurangi overclock pada hardware di PC. Karena bisa menyebabkan kerusakan pada PC.

Apabila BSoD disebabkan oleh kerusakan Memory RAM, BIOS, Prosesor,VGA Card, dan lain-lain, sebaiknya anda membawa PC anda ke tempat reparasi komputer. Karena kasus ini lumayan berat dan cukup menghabiskan kantong. T.T

Oya, apabla terdapat pesan BSoD yang tidak anda ketahui, anda bisa membaca pesan pada Blue Screen. Jadi, intinya BSoD ini adalah pesan yang digunakan oleh OS Windows untuk memberitahukan kepada anda bahwa terjadi kejanggalan atau kesalahan pada sistem komputer anda.

Okeh, sekian artikel saya mengenai Pengertian BSoD (Blue Screen of Death). Mohon maaf dan mohon ralat apabila terdapat kesalahan apapun itu. Hehehehehe.

Wassalam. ^^
sumber by kaskus

3 comments :